Rabu, 19 Oktober 2011

Guru TK Part 4

Bagi sebagian orang, mungkin menjadi guru TK = nganterin pipis, poop dan nyebokin. Gak sepenuhnya bener, gak sepenuhnya salah.
kehidupan per-guru-tk-an memang agak nyerempet nyerempet kesitu sih, tapi ga tiap hari. apalagi klo udah berjalan satu semester, mereka bisa ngurus diri mereka sendiri.
tapi berhubung gw megang kelas Nol kecil, jadi..

ada murid gw namanya varo, bisa dibilang murid paling muda juga selain rasya. Varo adalah tipe anak yang ngambekan dan cengeng, beda sama tipe wajahnya.
Mukanya garang, tegas, dan bengis, di pipinya ada codet bekas berantem sama temen sekelas. ini gak boong.
Varo adalah anak yang pendendam, klo ada yang mukul pasti akan dia kejer sampe dapet. Kalo gak dapet, dia akan ngambek, dan nangis, dan muntah muntah. persis kya orang ngidam.

Perkelahian memang sering terjadi di kelas B3, dari perkelahian tingkat geli geli sampe banting banting kursi.
Entah darimana asal muasalnya, beberapa murid gw termasuk Varo akan membanting kursi klo lagi berantem. Dan gw akan cuma nyebut "astaghfirullahhalaziim, ini pada kenapa sih?" sambil nangis darah.

Tapi gw tegar..

Gw kuat..

Pagi itu tiba tiba Varo pengen poop, biasanya bu Zainah yang nemenin dan gw akan dikelas sama anak anak. Tapi pagi ini lain, gw yang nemenin Varo ke kamar mandi dan Bu Zainah ngajar dikelas.

Sampailah gw dan Varo di depan pintu kamar mandi.

gw terdiam..

dan mikir..

gw berkata dalam hati
"ini akan jadi kali pertama gw nyebokin murid.. Ahhh, sungguh mendebarkan"

perlahan lahan Varo memasuki kamar mandi, tapi gw tetap terdiam. Lalu Varo meyakinkan gw:
"ayo bu, ga ada yang perlu ditakutin. Ga ada yang perluu dipikirin. Kita hidup di dunia ini udah ada yang ngatur, semua yang dikasih kekita itu pasti yang terbaik"
dengan dukungan tersebut gw pun sadar, ini bukanlah cobaan. ini bukanlah ujian, ini...yang terbaik buat gw :')

Awalnya, gw ikut masuk bersama Varo kedalam kamar mandi. Tapi karena makin lama makin tercium bau bau gak enak. akhirnya gw pun nunggu di depan pintu, sambil twiteran. Lebih tepatnya mengupdate apa yang sedang gw lakukan ke twitter.
mention pun berdatangan. Mereka semua memberi support dan dukungan agar gw tabah dalam menghadapi semua ini. tapi banyak juga yang mampus mampusin.
memang, semenjak jadi guru TK temen temen dikampus selalu nanyain tentang kejadian - kejadian yang gw alami di TK, gimana rasanya berhadapan sama anak kecil, gimana cara misahin anak yang berantem, gimana ngediemin anak yang nangis, gimana cara ngerampok makanan yang dibawa murid (yang terakhir boong).

Lagi seru - serunya di twiter tiba tiba Varo manggil gw..
"bu..."
gw pun tertegun.
inikah waktunya? inikah saatnya gw merasakan hal itu? sudah siapkah gw?

"bu.." diapun manggil lagi, gw makin rapuh. Tak gw kuatkan diri untuk menengok ke dia dan bertanya..
"kenapa?"
"eek varo banyak banget loh bu.."
"oh ya?" ngejawab sambil berlinangan air mata
"iya, item item lagi bu.."
"k-k-k-kok b-b-b-bisa i-i-item?" tanya gw sambil nujah nujahin pedang ke perut, hampir sekarat
"karena semalem varo makan oreo star"

tewas.

gak jadi nyebokin.

1 komentar: