Jumat, 23 November 2012

Guys, and tits.



Kegelisahan bermula dari banyaknya foto – foto wanita berpakaian minim dengan buah dada menyembul di Home facebook dengan kebanyakan nama album “photography”. Hm?
Yah, walaupun ada beberapa yang tidak dengan pakaian mini, tapi dengan pose yang menggoda. Kira - kira seperti ini:









Okay, perlu gw tekankan, dalam tulisan ini gw tidak akan berbicara mengenai harkat martabat dan harga diri wanita dalam foto – foto tersebut. Melainkan “mengapa foto seperti itu?”
Dan perlu gw tekankan sekali lagi, bahwa dalam tulisan ini gw bukan mau mencerca dan menilai bahwa fotografer di Bandarlampung tukang modus.

Pernah mikir gak kenapa kebanyakan aktivitas hunting foto dan photo contest berisikan model wanita berpakaian seksi berpose menggoda?
Pertanyaan itu gw lemparkan kepada salah seorang teman yang bisa dibilang fotografer, yang berujung dengan perdebatan. Perdebatan yang tegang antara argumentasi tehnik, seni, nilai dan pesan. Uwooowh! Berat!

Sebagai seorang cewek, mungkin gw gak bisa melihat sisi seni, nilai dan pesan dari sebuah foto wanita seksi berpose menggoda. Dan sebagai orang awam, gw gak begitu bisa melihat tehnik kamera, lensa yang digunakan atau blur mana yang lebih baik dari blur lainnya.
Tapi bagi cowok, orang awam sekalipun, foto seperti tu bisa mengirimkan berbagai pesan. Pesan untuk masturbasi misalnya? Haha

Sampai akhirnya perdebatan tersebut pun berujung pada beberapa pemikiran:

  • Kalaupun persentase photographer 80% wanita, apakah aktivitas "hunting foto" akan melibatkan lelaki seksi telanjang dada nangkring di bebatuan? 
  • Keresahan timbul dengan pertanyaan "kenapa dalam aktivitas hunting, sebagian besar objek adalah wanita berpose menggoda dengan pakaian minim?" 
  • Sebagai wanita juga, dan orang yang awam akan kamera, gw pun akan bertanya "what's the fuckin' point?!"



Dan jawabannya simple.. 


Premis 1: 
Female, is an object. Always an interesting object. And can be easily exploited 

Premis 2: 
Di Bandarlampung, hampir bisa dipastikan persentase Photographer lelaki lebih dominan. 

Kesimpulan: 
Which guys that doesn't love girl who's showing tits?



Teruntuk: wanita - wanita yang memliki keresahan yang sama, mungkin bisa sedikit tercerahkan.



1 komentar: